Tips

Boyolali - Perangkat Mengajar - Rpp Pai Sd Kelas 1 2 3 4 5 Dan 6 Revisi 2020 1 Lembar Semester 1 Dan 2

RPP PAI SD Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 Revisi 2020 - Sesuai dengan SE No 14 Tahun 2019 ihwal Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, tanggal 10 Desember 2019 yaitu RPP dibentuk 1 lembar yang mempunyai prinsip efektif, efisien serta
berorientasi pada penerima didik.


 ihwal Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Boyolali - Perangkat Mengajar -  RPP PAI SD Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 Revisi 2020  1 Lembar Semester 1 dan 2


Berikut RPP PAI SD Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 Revisi 2020  1 Lembar Semester 1 dan 2 :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :     SDN ..............................
Mata Pelajaran                 :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester                :     I (Satu) / 2
Pembelajaran (6)              :     Ayo Belajar
Tema / Topik 1                  :     Semangat Belajar Nabi Idris a.s.
Alokasi Waktu                  :     ........... x 35 menit

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Menceritakan kisah Nabi Idris a.s.;
v  Menyebutkan sifat-sifat terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s.;
v  Menyebutkan insiden penting yang dialami oleh Nabi Idris a.s.;
v  Menunjukkan sikap terpuji yang dimiliki Nabi Idris a.s.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru menyelidiki kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan daerah duduk penerima didik diadaptasi dengan acara pembelajaran.
v   Guru menyapa penerima didik.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
v   Guru sanggup memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau tayangan visual (film).
v   Guru memakai metode yang dipakai ialah diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting artinya penerima didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya biar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar
10 menit
Inti
v   Guru meminta penerima didik mengamati gambar anak sedang berguru kemudian menceritakan isi gambar.
v   Guru menanyakan siapa yang tahu nama-nama nabi dan rasul setelah Adam.
v   Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang merata kepada siswa.
v   Guru memberi kebanggaan kepada penerima didik atas jawabannya, kemudian menyebutkan nama nabi yang akan dibahas.
v   Peserta mendengarkan dan memperhatikan dongeng singkat Nabi Idris a.s. Fokuskan kisah pada sifat positif dan sikap yang sanggup diteladani, terutama sikap rajin berguru Nabi Idris a.s. sehingga Ia jadi pandai.
v   Pada kolom “sikapku”, guru meminta penerima didik gotong royong mengucapkan “aku selalu rajin belajar”.
v   Pada kolom “ayo kerjakan” penerima didik secara berpasangan (dengan sobat sebangku) mengamati gambar kemudian menceritakannya kepada teman. Diharapkan balasan ceritanya mengarah pada sikap rajin belajar.
v   Pada kolom “insya Allah saya bisa” guru membimbing penerima didik untuk memperlihatkan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
150 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
v   Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan evaluasi hasil belajar
v   Membaca do’a setelah berguru dengan benar (disiplin)
15 menit
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :     SDN ..............................
Mata Pelajaran                 :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester                :     I (Satu) / 2
Pembelajaran (6)              :     Ayo Belajar
Tema / Topik 2                  :     Doa Belajar
Alokasi Waktu                  :     ........... x 35 menit

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Melafalkan doa sebelum dan setelah berguru dengan benar dan jelas;
v  Membaca doa sebelum dan setelah berguru dengan benar dan jelas;
v  Mengartikan doa sebelum dan setelah berguru dengan benar.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru menyelidiki kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan daerah duduk penerima didik diadaptasi dengan acara pembelajaran.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
v   Untuk mengetahui kemampuan awal (prates), penerima didik secara acak dipilih untuk melafalkan doa sebelum dan setelah belajar.
10 menit
Inti
Pertama doa sebelum belajar:
v   Guru melafalkan kata per kata, misalkan “Rabbi” yang diikuti oleh seluruh penerima didik,  dilakukan 2-3 kali.
v   Guru melanjutkan dengan melafalkan “zidni” diikuti oleh seluruh penerima didik, dilakukan 2-3 kali.
v   Guru terakhir melafalkan “ilman” yang diikuti oleh seluruh penerima didik, dilakukan 2-3 kali.
v   Guru melafalkan secara utuh kalimat “Rabbi zidni ilman” diikuti oleh seluruh penerima didik, dilakukan 2-3 kali.
v   Pelafalan dilakukan secara berulang-ulang sehingga benar-benar dikuasai penerima didik.
v   Pelajaran selanjutnya ialah kalimat “warzuqni fahman” (ikuti pola butir 2 hingga 6).
v   Untuk mengetahui penguasaan kompetensi ini, secara acak Guru menunjuk penerima didik mendemonstrasikan pelafalan doa sebelum belajar.
v   Guru memperlihatkan penguatan pelafalan kalimat doa sebelum belajar. Kedua doa setelah belajar:
v   Dilakukan mengikuti langkah-langkah pembelajaran doa sebelum belajar.
Ketiga arti doa sebelum dan setelah belajar:
v   Guru mengucapkan “Ya Allah tambahkan ilmu kepadaku”, diikuti penerima didik secara klasikal, lakukan 2-3 kali.
v   Guru mengucapkan “dan berilah saya pemahaman”, diikuti penerima didik secara klasikal, dilakukan 2-3 kali.
v   Bersama-sama penerima didik mengartikan doa sebelum dan setelah berguru lengkap dengan artinya.
150 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
v   Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan evaluasi hasil belajar
v   Membaca do’a setelah berguru dengan benar (disiplin)
15 menit
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :     SDN ..............................
Mata Pelajaran                 :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester                :     I (Satu) / 2
Pembelajaran (6)              :     Ayo Belajar
Tema / Topik 3                  :     Membaca dan Menulis
Alokasi Waktu                  :     ........... x 35 menit

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Peserta didik bisa menyebutkan pesan-pesan surah al-Fatihah, Al-Ikhlas dan al-’Alaq dengan benar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru menyelidiki kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan daerah duduk penerima didik diadaptasi dengan acara pembelajaran.
v   Guru menyapa penerima didik.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
v   Guru memakai metode yang dipakai ialah diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting artinya penerima didik  berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka. atas pelajaran/materi yang diterimanya biar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
10 menit
Inti
v   Guru meminta penerima didik mengamati gambar acara membaca dan menulis di dalam buku teks.
v   Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
v   Guru memperlihatkan klarifikasi pelengkap dan penguatan yang dikemukakan penerima didik ihwal isi gambar tersebut, yaitu pentingnya kemampuan membaca dan menulis. Disertai klarifikasi pesan surah al-‘Alaq/96: 1-5.
v   Guru meminta penerima didik gotong royong mengucapkan “aku percaya Allah membuat manusia” (kolom “sikapku”).
v   Peserta didik secara berpasangan (dengan sobat sebangku) untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut (kolom “ayo kerjakan”).
v   Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
v   Guru membimbing penerima didik untuk memperlihatkan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’ (kolom “insya Allah saya bisa”).
150 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
v   Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan evaluasi hasil belajar
v  Membaca do’a setelah berguru dengan benar (disiplin)
15 menit

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan



Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan            :     SDN ..............................
Mata Pelajaran                 :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester                :     I (Satu) / 2
Tema / Topik 4                  :     Rajin Belajar
Alokasi Waktu                  :     ........... x 35 menit


TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Mencontohkan sikap rajin berguru dengan benar;
v  Menunjukkkan sikap rajin berguru dengan benar.

MATERI PEMBELAJARAN
v  Pesan-pesan surah al-‘Alaq ihwal sikap rajin belajar

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru menyelidiki kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan daerah duduk penerima didik diadaptasi dengan acara pembelajaran.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
v   Guru meminta penerima didik mengamati gambar acara berguru bersama guru di dalam buku teks.
v   Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
v   Guru memperlihatkan klarifikasi pelengkap dan penguatan yang dikemukakan penerima didik ihwal isi gambar tersebut, yaitu pentingnya rajin belajar.
v   Guru meminta penerima didik gotong royong mengucapkan “aku selalu rajin belajar” (kolom “sikapku”).
v   Peserta didik secara berpasangan (dengan  sobat sebangku) untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut (kolom “ayo kerjakan”).
v   Guru membimbing jalannya diskusi dan kelompok yang lain saling mengoreksi .
v   Salah satu kelompok atau individu memberikan simpulan hasil diskusi.
150 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
v   Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan evaluasi hasil belajar
v   Membaca do’a setelah berguru dengan benar (disiplin)
15 menit

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :     SDN ..............................
Mata Pelajaran                 :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester                :     I (Satu) / 2
Pembelajaran (7)              :     Ayo Belajar Al-Qur’an
Tema / Topik 1                  :     Lafal Surah Al-Ikhlas
Alokasi Waktu                  :     ........... x 35 menit

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Peserta didik bisa melafalkan surah Al-Ikhlas dengan benar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru menyelidiki kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan daerah duduk diadaptasi dengan acara pembelajaran.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
v   Guru sanggup memanfatkan media/alat peraga/ alat bantu bisa berupa goresan pena manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan Pembelajaran 8 gampang dilihat/dibaca, untuk mengkonkretkan antara apa yang dilafalkan dan bentuk tulisannya, walaupun sebagian besar penerima didik kelas 1 belum bisa membaca goresan pena al-Qur’an), atau bisa juga memakai media audio (ICT) atau media lainnya.
10 menit
Inti
Langkah pertama:
Proses melafalkan dengan langkah berikut ini:
Sebelum melafalkan surah Al-Ikhlas, guru membimbing penerima didik menyanyikan lagu “Baca al- Qur’an”.
v   Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan bunyi terang ayat 1 s.d. 2 diikuti seluruh penerima didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
v   Peserta didik pria dan wanita atau menurut daerah duduk (melakukan secara bergantian 1-2 kali).
v   Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan bunyi terang ayat 3 s.d. 4 diikuti seluruh penerima didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
v   Ikuti butir 2 sebelumnya.
v   Guru melafalkan surah Al-Ikhlas dengan bunyi jelas, ayat 1 s.d. 4 diikuti seluruh penerima didik (lakukan sebanyak 2-3 kali).
v   Peserta didik pria dan wanita atau menurut daerah duduk (melakukan secara bergantian 1-2 kali). Apabila belum bisa melafalkan dengan lancar, sanggup diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1 s.d. 6. Apabila sudah banyak yang melafalkan secara individual, penerima didik mendemonstrasikan pelafalannya).
v   Guru menjelaskan bahwa penerima didik secara berdikari sanggup melafalkan sendiri (kolom “sikapku”).
v   Peserta didik secara berpasangan (dengan sobat sebangku) untuk melafalkan surah Al-Ikhlas secara bergantian (kolom “ayo kerjakan”).
150 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
v   Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan evaluasi hasil belajar
v   Membaca do’a setelah berguru dengan benar (disiplin)
15 menit

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :     SDN ..............................
Mata Pelajaran                 :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester                :     I (Satu) / 2
Pembelajaran (7)              :     Ayo Belajar Al-Qur’an
Tema / Topik 2                  :     Hafal Surah Al-Ikhlas
Alokasi Waktu                  :     ........... x 35 menit

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Peserta didik bisa memperlihatkan hafalan surah Al-Ikhlas dengan benar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru menyelidiki kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan daerah duduk diadaptasi dengan acara pembelajaran.
v   Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan penerima didik.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
v   Guru sanggup memanfatkan media/alat peraga/ alat bantu bisa berupa goresan pena manual di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan Pembelajaran 8 gampang dilihat/dibaca, untuk mengkonkretkan antara apa yang dilafalkan dan bentuk tulisannya, walaupun sebagian besar penerima didik kelas 1 belum bisa membaca goresan pena al-Qur’an), atau bisa juga memakai media audio (ICT) atau media lainnya.
10 menit
Inti
Proses menghafal dengan langkah berikut ini.
v   Guru melafalkan dengan cara menghafal surah Al-Ikhlas dengan bunyi terang ayat 1 s.d 2, diikuti seluruh penerima didik, kemudian meminta salah satu penerima didik untuk menghafalnya (lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali).
v   Teruskan ayat 3 hingga 4 (lakukan sebanyak 2-3 kali).
v   Guru mengawali melafalkan pola terakhir ayat 1 s.d. 4 (satu surat utuh) diikuti oleh penerima didik (lakukan sebanyak 2-3 kali). Apabila belum hafal juga, sanggup diulangi melalui cara yang sama dari langkah 1 s.d. 3. Apabila sudah banyak yang hafal secara individual, penerima didik mendemonstrasikan hafalannya)
v   Guru menjelaskan bahwa penerima didik secara berdikari hafal surah Al-Ikhlas (kolom “sikapku”).
v   Peserta didik secara berpasangan (dengan sobat sebangku) untuk menghafal surah Al-Ikhlas secara bergantian (kolom “ayo  kerjakan”).
150 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
v   Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan evaluasi hasil belajar
v   Membaca do’a setelah berguru dengan benar (disiplin)
15 menit

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan



Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :     SDN ..............................
Kelas / Semester                :     I (Satu) / 2
Pembelajaran (7)              :     Ayo Belajar Al-Qur’an
Tema / Topik 3                  :     Pesan Surah Al-Ikhlas
Alokasi Waktu                  :     ........... x 35 menit

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Peserta didik bisa menyebutkan pesan-pesan yang terkandung di dalam surah Al-Ikhlas dengan benar.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru menyelidiki kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan daerah duduk diadaptasi dengan acara pembelajaran.
v   Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan penerima didik.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
v   Metode yang dipakai ialah diskusi dalam bentuk the educational diagnosis meeting, artinya penerima didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran bahan yang diterimanya biar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar. Jika memungkinkan melalui tayangan terawangan, slide (media proyektor).
10 menit
Inti
v   Peserta didik menyimak klarifikasi guru ihwal pesan-pesan yang terkandung di dalam surah Al-Ikhlas, secara klasikal atau individual.
v   Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dengan kemampuan yang beragam.
v   Masing-masing kelompok mendiskusikan pesan-pesan yang terkandung di dalam surah Al-Ikhlas.
v   Masing-masing kelompok memberikan hasil diskusi ihwal pesanpesan yang terkandung di dalam surah Al-Ikhlas.
v   Guru membimbing jalannya diskusi dan kelompok yang lain saling mengoreksi.
v   Salah satu kelompok atau individu memberikan kesimpulan hasil diskusi.
v   Guru memperlihatkan penguatan hasil diskusi, diskusi yang dimaksud ialah diskusi sederhana di mana penerima didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterima biar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar.
v   Guru meminta penerima didik gotong royong mengucapkan “Aku Percaya Allah Maha Esa”(kolom “sikapku”).
v   Peserta didik secara berpasangan (dengan sobat sebangku) menyebutkan pesan-pesan surah Al-Ikhlas (kolom “ayo kerjakan”).
v   Guru membimbing penerima didik untuk memperlihatkan tanda (v) pada kolom ‘sudah’ atau ‘belum’ (kolom “insya Allah saya bisa”).
150 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
v   Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan evaluasi hasil belajar
v   Membaca do’a setelah berguru dengan benar (disiplin)
15 menit
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :     SDN ..............................
Mata Pelajaran                 :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester                :     I (Satu) / 2
Pembelajaran (8)              :     Allah Mahakuasa
Tema / Topik 1                  :     Al-Malik
Alokasi Waktu                  :     ........... x 35 menit

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Mendemonstrasikan pelafalan al-Malik dengan benar;
v  Menyebutkan arti al-Malik dengan benar.

KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru menyelidiki kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan daerah duduk diadaptasi dengan acara pembelajaran.
v   Guru menyapa dengan menanyakan apa kabar dan perasaan penerima didik.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
v   Guru sanggup memanfaatkan media/alat peraga/ alat bantu berupa goresan pena di papan tulis, kertas karton (tulisan yang besar dan gampang dilihat dibaca), Jika memungkinkan sanggup memanfaatkan tayangan terawangan, slide (media projector) untuk mengkonkretkan antara  apa yang diucapkan dan bentuk tulisannya.
10 menit
Inti
Proses melafalkan dengan langkah berikut ini:
v   Guru menceritakan keindahan dan keteraturan alam, serta menanyakan kepada penerima didik siapa yang mengatur itu dan menguasai itu semua.
v   Peserta didik mengemukakan pendapatnya. Berikan kesempatan yang merata kepada siswa.
v   Pada kolom “sikapku”, guru meminta penerima didik gotong royong mengucapkan “aku percaya Allah Mahakuasa”.
v   Pada kolom “ayo kerjakan” penerima didik secara berpasangan (dengan sobat sebangku) mengamati gambar kemudian menceritakannya kepada teman. Jawaban dari pertanyaan tersebut ialah Allah. Dapat juga ditambahkan kiprah mengamati lingkungan sekitar dan mencari balasan siapa yang menciptakannya.
v   Guru membimbing penerima didik untuk memperlihatkan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. dalam kolom“ dalam insya Allah saya bisa”
v   Guru membimbing penerima didik menyanyikan lagu “Allah Mahakuasa”
150 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
v   Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan evaluasi hasil belajar
v   Membaca do’a setelah berguru dengan benar (disiplin)
15 menit

I.       PENILAIAN
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :     SDN ..............................
Mata Pelajaran                 :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester                :     I (Satu) / 2
Pembelajaran (8)              :     Allah Mahakuasa
Tema / Topik 2                  :     Dua Kalimat Syahadat
Alokasi Waktu                  :     ........... x 35 menit

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Mendemonstrasikan pelafalan dua kalimat syahadat dengan benar dan jelas;
v  Mengartikan dua kalimat syahadat dengan benar.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Pertemuan ke-1
v   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
Pertemuan ke-2
v   Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
10 menit
Inti
Pertemuan ke-1
Pelafalan dua kalimat syahadat dibagi menjadi dua bab pelafalan, pertama lafal syahadat tauhid, kedua lafal syahadat rasul.
Peserta didik diambil secara acak melafalkan dua kalimat syahadat, untuk mengetahui kemampuan awal (prates).
Kedua, Syahadat Rasul:
v   Guru mendemonstrasikan pelafalan kalimat syahadat rasul kata per kata (sebaiknya pribadi oleh guru bersangkutan, media audio hanya sebagai pendukung), penerima didik mencermati dan menirukannya. Pada waktu itu juga, guru pribadi membimbing dan membetulkan pelafalan yang kurang tepat, baik secara individu maupun klasikal, hingga akhirmya selesai.
v   Guru secara acak menunjuk penerima didik mendemonstrasikan pelafalan kalimat syahadat rasul untuk mengetahui kompetensi kelas.
v   Guru memperlihatkan penguatan pelafalan kalimat syahadat tauhid. (Setelah pelafalan dua kalimat di atas, guru secara utuh menggabungkan kalimat syahadat tauhid dan syahadat rasul, diikuti oleh seluruh penerima didik, lakukan 2-3 kali, hingga dipastikan seluruh penerima didik bisa melafalkannya).
Pertemuan ke-2
Langkah yang harus dilaksanakan:
v   Guru mengucapkan arti secara utuh syahadat rasul “dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad utusan Allah” diikuti seluruh penerima didik,
v   Peserta didik secara berpasangan (dengan sobat sebangku) melafalkan dua kalimat syahadat secara berulang-ulang hingga hafal (kolom “ayo kerjakan”).
150 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
v   Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan evaluasi hasil belajar
v   Membaca do’a setelah berguru dengan benar (disiplin)
15 menit
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :     SDN ..............................
Mata Pelajaran                 :     Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas / Semester                :     I (Satu) / 2
Pembelajaran (9)              :     Ayo Kita Salat
Tema / Topik 1                  :     Salat Wajib
Alokasi Waktu                  :     ........... x 35 menit

TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Menyebutkan 5 salat wajib dengan benar;
v  Menyebutkan bilangan rakaat shalat wajib.
KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
v   Guru memberikan tujuan pembelajaran.
v   Guru sanggup memanfaatkan Media/alat peraga/alat bantu bisa berupa kartu/kertas (ditandai dengan warna yang bermacam-macam biar menarik) yang bertuliskan nama-nama shalat wajib dan bilangan rakaatnya.
10 menit
Inti
v   Guru meminta penerima didik mengamati gambar belum dewasa sedang salat dalam buku teks.
v   Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut.
v   Guru memperlihatkan pertanyaan untuk ditanggapi penerima didik. Misalnya, salat zuhur berapa rakaat? Kemudian, guru memperlihatkan klarifikasi pelengkap dan penguatan yang dikemukakan penerima didik ihwal isi gambar tersebut, termasuk menjelaskan jumlah rakaat salat.
v   Guru membimbing penerima didik untuk menyanyikan lagu “rakaat shalat”, lakukan secara bergantian.
v   Guru meminta penerima didik gotong royong mengucapkan “aku selalu melaksanakan shalat 5 waktu”. (kolom “sikapku”)
v   Peserta didik secara berpasangan (dengan sobat sebangku) menyebutkan nama-nama salat wajib lima waktu (kolom “ayo kerjakan”). Dapat juga ditugaskan untuk mengamati pelaksanaan salat di masjid atau musala erat rumahnya, kemudian ceritakan pada pertemuan berikutnya.
v   Guru membimbing penerima didik untuk memperlihatkan tanda (v) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’. (kolom “insya Allah saya bisa”)
150 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil berguru selama sehari
v   Bertanya jawab ihwal bahan yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan evaluasi hasil belajar
v   Membaca do’a setelah berguru dengan benar (disiplin)
15 menit

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama acara berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

Margodadi, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.



Download  RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 1 2 3 4 5 dan 6 Semester 2 :

RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 1 Semester 2  DOWNLOAD DISINI

RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 2 Semester 2 UNDUH DISINI

RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 UNDUH DISINI

RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 UNDUH DISINI

RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 UNDUH DISINI

RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 UNDUH DISINI




Download Juga :

1. Perangkat Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Lengakap Kelas 1 Semester 1 dan 2 UNDUH

2. Perangkat Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Lengakap Kelas 2 Semester 1 dan 2 UNDUH

3. Perangkat Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Lengakap Kelas 3 Semester 1 dan 2 UNDUH

4. Perangkat Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Lengakap Kelas 4 Semester 1 dan 2 UNDUH

5. Perangkat Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Lengakap Kelas 5 Semester 1 dan 2 UNDUH

6. Perangkat Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Lengakap Kelas 6 Semester 1 dan 2 UNDUH

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel