Tips

Boyolali - Perangkat Mengajar - Rpp Sd Kurikulum 2013 Kelas 1 2 3 4 5 6 Revisi 2020 1 Lembar Semester 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NamaSekolah              :  SDN .........................
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas/Semester           : VI / 2
Pembelajaran6            :  Indahnya Saling Membantu
AlokasiWaktu             :   1 x 4 JamPelajaran
                                                 
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:          
§  Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
§  Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implementasidari pemahaman isi kandungan Q.S. al-Ma’idah/5:2.
§  Mengetahui makna Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
§  Membaca Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan terang dan benar.
§  Menulis Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
§  Menyebutkan arti Q.S. al-Ma’idah/5:2 dengan benar.
§  Mencontohkan sikap toleran dan simpati sebagai implementasi daripemahaman Q.S. al-Ma’idah/5:2.

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.
Pendahuluan
§  Mengucapkan salam dan berdo’a bersama;
§  Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan daerah dudukdisesuaikan dengan aktivitas pembelajaran; Menyapa penerima didik; dan
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
20 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
§  Pembelajaran dimulai dengan guru mengucapkan salam danberdo’a bersama.
§  Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk diubahsuaikan dengan aktivitas pembelajaran.
Menanya
§  Guru menunjuk beberapa penerima didik sebagai model untukmembaca Q.S. al-Ma’idah/5:2.
§  Guru menawarkan penguatan dengan menawarkan contohmembaca Q.S. al-Ma’idah/5:2 yang benar.
Mengeksplorasi
§  Guru membagi penerima didik ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok diminta untuk membaca bagian Q.S. al-Ma’idah/5:
§  Peserta didik secara kelompok mencermati dan mendiskusikan artipenggalan Q.S. al-Ma’idah/5:2 tersebut.
Mengasosiasi
§  Peserta didik secara berkelompok diberikan kiprah untuk berdiskusitentang pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S. al-Ma’idah/5:2.
§  Secara bergantian masing-masing kelompokmempresentasikanhasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak danmemberikan tanggapan.
Mengkomunikasikan
§  Setelah selesai berdiskusi dan mengerjakan soal, setiap kelompokmempresentasikan di muka kelas.
  100 menit
3.
Penutup
§  Peserta didik menciptakan kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
§  Melaksanakan evaluasi dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau jawaban penerima didik dari aktivitas yang telah dilaksanakan sebagai materi masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
§  Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.
§  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
20 menit
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama aktivitas berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

................, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NamaSekolah              :  SDN .........................
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam&BudiPekerti
Kelas/Semester           : VI / 2
Pembelajaran 7           :  Menerima Qadha dan Qadar
AlokasiWaktu             :  ….. x 4 JamPelajaran
                                                 
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:          
§  Menyakini adanya Qadha dan Qadar.
§  Memiliki sikap yang mencerminkan doktrin kepada Qadha dan Qadar.
§  Memahami pesan yang tersirat beriman kepada Qadha dan Qadar yang sanggup membentuk sikap budpekerti mulia.
§  Menunjukkan teladan Qadha dan Qadar dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahaman rukun Iman.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.
§  Mengucapkan salam dan memanjatkan do’a bersama;
§  Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan tempatduduk diubahsuaikan dengan aktivitas pembelajaran; dan
§  Menyapa penerima didik dan memberikan tujuan pembelajaran.
20 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
§  Peserta didik mengamati gambar/ilustrasi wacana fenomena kehidupan.
Menanya
§  Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya wacana keterkaitan gambar/ilustrasi tersebut dengan materi pelajaran,apabila mengalami kesulitan guru menawarkan bimbingan danpanduan (stimulus) semoga penerima didik mencari tahu dengan caramenanya.
§  Secara individu maupun berkelompok diadakan diskusi untuk menanggapi dan menjawab beberapa pertanyaan.
Mengeksplorasi
§  Peserta didik secara berkelompok menyimak dongeng singkatyang terdapat dalam buku dan mencermati ulasan tentangmakna Qadha dan Qadar berikut teladan dan pesan yang tersirat beriman kepada Qadha dan Qadar.
§  Dalam kelompok masing-masing, penerima didik mendiskusikanketerkaitan antara dongeng yang terdapat dalam buku teksdengan pemahaman makna Qadha dan Qadar.
§  Setiap kelompok memberikan hasil diskusinya dankelompok lain mengemukakan pertanyaan. Guru memberikanpenguatan terhadap hasil diskusi penerima didik, kemudianmenjelaskan kembali pemahaman makna Qadha dan Qadar teladan danhikmah beriman kepada Qadha dan Qadar serta mengaitkannya denganfenomena kehidupan nyata.
Mengasosiasi
§  Peserta didik diberi klarifikasi oleh guru sebagai aksesori danpenguatan wacana maksud isi gambar/ilustrasi. Peserta didik memyimak klarifikasi guru.
Mengkomunikasikan
§  Dari hasil menyimak kisah tersebut, penerima didik diberikan kesempatan untuk bertanya baik secara individu maupun secarab erkelompok.
§  Guru memotivasi penerima didik agarselalu menyakini akan adanya Qadar dan menunjukkan sikap terpuji dalam kehidupan sehari-hari sebagai implementasi dari pemahamanmakna Qadar.
  100 menit
3.
Penutup
§  Peserta didik menciptakan kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
§  Melaksanakan evaluasi dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau jawaban penerima didik dari aktivitas yang telah dilaksanakan sebagai materi masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
§  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
20 menit
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama aktivitas berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

................, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NamaSekolah              :  SDN .........................
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas/Semester           : VI / 2
Pembelajaran8            :  SenangnyaBerakhlakTerpuji
AlokasiWaktu             :  ….. x 4 JamPelajaran
                                                 
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:          
§  Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. al-Kafirμn dan Q.S. al-Maidah /5:2.
§  Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
§  Memiliki sikap hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
§  Dapat mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
§  Dapat mencontohkan sikap hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.
Pendahuluan
§  Mengucapkan salam dan berdo’a bersama;
§  Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan daerah dudukdisesuaikan dengan aktivitas pembelajaran; Menyapa penerima didik; dan
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
20 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
§  Guru mengajak penerima didik untuk berguru bersama di luar kelassekitar ingkungan sekolah yang memungkinkan untuk pelaksanaanproses pembelajaran dengan membawa papan tulis atau mediapembelajaran lainnya yang relevan.
Menanya
§  Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya tentanghasil pencermatannya,apabila mengalami kesulitan guru menawarkan bimbingan danpanduan (stimulus) semoga penerima didik mencari tahu dengan caramenanya.
§  Pertanyaan penerima didik yang dibutuhkan tidak saja apa atau siapa,tetapi mengapa dan bagaimana.
Mengeksplorasi
§  Peserta didik secara berkelompok kembali mengkaji danmendiskusikan arti dan contoh-contoh sikap berbaik sangka sebagai terkandung dalan Q.S. al-¦ujur±t/49:12 dan H.R. Bukhari dan Muslim. Berdasarkan hasil kajian tersebut, setiap kelompok merumuskan beberapapertanyaan untuk dikemukakan pada kelompok lain.
Mengasosiasi
§  Setiap kelompok memberikan hasil diskusinya, sementarakelompok lain ikut serta mencermati dan mengemukakanbeberapa pertanyaan yang relevan yang telah dipersiapkanbersama kelompok.
Mengkomunikasikan
§  Guru menawarkan penguatan dengan mengemukakan kembali beberapa teladan sikap berbaik sangka menurut buku teks atau sumber lain yang relevan.
§  Guru memotivasi penerima didik untukselalu sanggup memahami dan melakukan sikap berbaik sangkakepada Allah Swt.
  100 menit
3.
Penutup
§  Peserta didik menciptakan kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
§  Melaksanakan evaluasi dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau jawaban penerima didik dari aktivitas yang telah dilaksanakan sebagai materi masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
§  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
20 menit

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama aktivitas berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

................, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NamaSekolah              :  SDN .........................
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti
Kelas/Semester           : VI / 2
Pembelajaran8            :  Senangnya Berakhlak Terpuji
AlokasiWaktu             :  ….. x 4 JamPelajaran
                                                 
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:          
§  Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. al-Kafirμn dan Q.S. al-Maidah /5:2.
§  Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
§  Memiliki sikap hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
§  Dapat mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
§  Dapat mencontohkan sikap hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.
Pendahuluan
§  Mengucapkan salam dan berdo’a bersama;
§  Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan daerah dudukdisesuaikan dengan aktivitas pembelajaran;
§  Menyapa penerima didik; dan
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
20 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
§  Peserta didik secara berkelompok mencermati alur ceritadan ulasan wacana makna simpati serta gambar/ilustrasisebagaimana terdapat dalam buku teks.
Menanya
§  Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya wacana hasil pencermatannya,apabila mengalami kesulitan guru menawarkan bimbingan danpanduan (stimulus) semoga penerima didik mencari tahu dengan caramenanya.
§  Pertanyaan penerima didik yang dibutuhkan tidak saja apa atau siapa,tetapi mengapa dan bagaimana.
Mengeksplorasi
§  Peserta didik secara berkelompok kembali mengidentifikasi danmendiskusikan contoh-contoh sikap simpati. Berdasarkanhasil identifikasi tersebut, setiap kelompok merumuskanbeberapa pertanyaan untuk dikemukakan pada kelompok lain.
Mengasosiasi
§  Setiap kelompok memberikan hasil diskusinya, sementarakelompok lain ikut serta mencermati dan mengemukakanbeberapa pertanyaan yang relevan yang telah dipersiapkanbersama kelompok.
Mengkomunikasikan
§  Guru menawarkan penguatan dengan mengemukakan kembalibeberapa teladan sikap simpati menurut buku teks atausumber lain yang relevan.
§  Guru memotivasi penerima didik untukselalu berperilaku simpati kepada orang lain.
  100 menit
3.
Penutup
§  Peserta didik menciptakan kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
§  Melaksanakan evaluasi dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau jawaban penerima didik dari aktivitas yang telah dilaksanakan sebagai materi masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
§  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
20 menit

PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama aktivitas berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan

Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

................, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

NamaSekolah              :  SDN .........................
Mata Pelajaran           :  Pendidikan Agama Islam &Budi Pekerti
Kelas/Semester           : VI / 2
Pembelajaran8            :  Senangnya Berakhlak Terpuji
AlokasiWaktu             :  ….. x 4 JamPelajaran
                                                 
Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:          
§  Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implemantasi dari pemahaman isi kandungan Q.S. al-Kafirμn dan Q.S. al-Maidah /5:2.
§  Memiliki sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
§  Memiliki sikap hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
§  Dapat mencontohkan sikap berbaik sangka kepada sesama sebagai implentasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
§  Dapat mencontohkan sikap hidup rukun sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Hujurat/49:12.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No.
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
1.
Pendahuluan
§  Mengucapkan salam dan berdo’a bersama;
§  Memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi dan daerah dudukdisesuaikan dengan aktivitas pembelajaran;
§  Menyapa penerima didik; dan
§  Menyampaikan tujuan pembelajaran.
20 menit
2.
Kegiatan Inti
Mengamati
§  Peserta didik secara berkelompok mencermati alur ceritatentang sikap toleran Nabi Muhammad saw. dan ulasan tentangmakna toleran serta gambar/ilustrasi sebagaimana terdapatdalam buku teks.
Menanya
§  Peserta didik diberi kesempatan untuk menanya wacana hasil pencermatannya,apabila mengalami kesulitan guru menawarkan bimbingan danpanduan (stimulus) semoga penerima didik mencari tahu dengan caramenanya.
§  Pertanyaan penerima didik yang dibutuhkan tidak saja apa atau siapa,tetapi mengapa dan bagaimana.
§  Pertanyaan penerima didik diinventarisir guru.
Mengeksplorasi
§  Peserta didik secara berkelompok kembali mengidentifikasi danmendiskusikan contoh-contoh sikap toleran. Berdasarkanhasil identifikasi tersebut, setiap kelompok merumuskanbeberapa pertanyaan untuk dikemukakan pada kelompok lain.
Mengasosiasi
§  Setiap kelompok memberikan hasil diskusinya, sementarakelompok lain ikut serta mencermati dan mengemukakanbeberapa pertanyaan yang relevan yang telah dipersiapkanbersama kelompok.
Mengkomunikasikan
§  Guru menawarkan penguatan dengan mengemukakan kembalibeberapa teladan sikap toleran menurut buku teks atausumber lain yang relevan.
§  Guru memotivasi penerima didik untukselalu berperilaku toleran kepada orang lain.
  100 menit
3.
Penutup
§  Peserta didik menciptakan kesimpulan dibantu dan dibimbing guru.
§  Melaksanakan evaluasi dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau jawaban penerima didik dari aktivitas yang telah dilaksanakan sebagai materi masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya.
§  Menutup pelajaran dengan berdo’a dan salam.
20 menit
PENILAIAN
Penilaian Sikap : Observasi selama aktivitas berlangsung
Penilaian Pengetahuan
Penilaian Keterampilan


Mengetahui,
Kepala Sekolah



(            )
NIP.

................, ..............................2020
Guru Mapel PAI & Budi Pekerti



(            )
NIP.


Memiliki sikap toleran dan simpati kepada sesama sebagai implementasidari pemahaman isi ka Boyolali - Perangkat Mengajar -  RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 1 2 3 4 5 6 Revisi 2020 1 Lembar Semester 2


Berikut RPP SD Kurikulum 2013 Kelas 1 2 3 4 5 6 Revisi 2020 1 Lembar Semester 2 :


Kelas 1
RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 1 Semester 2 UNDUH DISINI


Kelas 2

RPP SD K13 Revisi 2020 1 Lembar Kelas 2 Tema 5 UNDUH DISINI
RPP SD K13 Revisi 2020 1 Lembar Kelas 2 Tema 6 UNDUH DISINI
RPP SD K13 Revisi 2020 1 Lembar Kelas 2 Tema 7 UNDUH DISINI
RPP SD K13 Revisi 2020 1 Lembar Kelas 2 Tema 8 UNDUH DISINI 



Kelas 3
RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 3 Semester 2 UNDUH DISINI


Kelas 4
RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 4 Semester 2 UNDUH DISINI


Kelas 5
RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 5 Semester 2 UNDUH DISINI

Kelas 6
RPP PAI SD Revisi 2020 1 Lembar Kelas 6 Semester 2 UNDUH DISINI



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel